dapenpos
D A P E N P O S

How to Drive Corporate Performance through Accounting Practices

How to Drive Corporate Performance through Accounting Practices

How to Drive Corporate Performance through Accounting Practices

Oleh: Yudhi Octora

 

DAPENPOS.CO.ID, BANDUNG – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute bekerja sama dengan CPA Australia menyelenggarakan webinar bertajuk "How to Drive Corporate Performance through Accounting Practices" pada hari Kamis, 9 November 2023. Acara ini berlangsung melalui platform Zoom mulai pukul 09:00 hingga 12:00 WIB.

 

Salah satu keunikan dari webinar ini adalah partisipasi aktif karyawan bidang keuangan, investasi, dan manajemen risiko dari Dana Pensiun Pos Indonesia. Mereka mengikuti sesi webinar ini secara kolektif di ruang rapat lantai 2 Gedung Dapenpos Jl. Tasikmalaya No.1 Bandung, menciptakan suasana diskusi yang lebih intens dan interaktif.

 

Latar Belakang:

Akuntansi Praktis dan Kesehatan Keuangan: Praktik akuntansi memainkan peran kunci dalam memberikan informasi yang akurat mengenai kesehatan keuangan suatu organisasi. Laporan keuangan dan instrumen akuntansi lainnya memungkinkan perusahaan mengukur likuiditas, profitabilitas, dan solvabilitas mereka, yang esensial untuk menilai kesehatan keseluruhan organisasi.

 

Alokasi Sumber Daya yang Efisien: Akuntansi praktis membantu organisasi mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, memungkinkan alokasi sumber daya yang efisien. Dengan mengelola sumber daya secara efektif, perusahaan dapat membuat keputusan investasi yang tepat, mengurangi biaya, dan memperluas operasional mereka.

 

Peran dalam Penganggaran dan Perencanaan: Praktik akuntansi berperan penting dalam proses penganggaran dan perencanaan. Perencanaan keuangan yang efektif, anggaran yang baik, dan evaluasi kinerja aktual membantu menyelaraskan tujuan perusahaan dengan sumber daya keuangan yang tersedia.

 

Evaluasi Kinerja Unit Bisnis: Praktik akuntansi mendukung evaluasi kinerja berbagai unit bisnis, proyek, atau investasi melalui indikator kinerja utama. Pendekatan berbasis data membantu identifikasi area yang memerlukan perbaikan atau optimalisasi.

 

Kepatuhan terhadap Standar Akuntansi dan Regulasi: Praktik akuntansi melibatkan kepatuhan terhadap standar akuntansi dan regulasi untuk memastikan akurasi dan keandalan data keuangan, serta mengurangi risiko hukum dan regulasi.

 

Objektif Webinar:

Pemahaman Praktik Akuntansi: Memberikan pemahaman tentang bagaimana praktik akuntansi dapat meningkatkan kinerja perusahaan, dengan studi kasus di Australia dan wilayah ASEAN.

 

Transparansi dan Kepercayaan: Menyoroti pentingnya praktik akuntansi transparan dan akurat dalam membangun kepercayaan investor dan pemangku kepentingan, terutama bagi perusahaan yang sudah mapan.

 

Pentingnya Penganggaran dan Perencanaan: Bagi perusahaan start-up, memberikan pemahaman tentang penganggaran, perencanaan, dan manajemen arus kas yang tepat untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan dan menguntungkan.

 

Peserta:

Acara ini dihadiri oleh pimpinan dan pegawai OJK, perwakilan industri jasa keuangan, akademisi, dan masyarakat umum.

 

Pembicara:

Ir. Evi Afiatin, MSc., MAF., CPA (Aust.) (CPA Australia Advisory Committee)

Ms. Shirley Hu (CPA Australia Guest Speaker)

Mr. Shane Sullivan, FCPA (Aust.) (CPA Australia Queensland Divisional Councilor and Member of the Queensland Future of the Profession Committee)

 

Moderator:

Marializia Hasni, News Anchor TV.

 

Webinar ini diharapkan memberikan wawasan mendalam kepada peserta dari Dana Pensiun Pos Indonesia, tentang peran kritis praktik akuntansi dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan menciptakan lingkungan bisnis yang transparan dan efisien. Sehingga mereka dapat mengaplikasikan pemahaman baru ini dalam aktivitas sehari-hari mereka dan turut berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

Our Address

Jl. Tasikmalaya No. 1 Bandung 40271