dapenpos
D A P E N P O S

Business Ethics in Leadership Navigating Global Challenges

Business Ethics in Leadership Navigating Global Challenges

Business Ethics in Leadership Navigating Global Challenges

Oleh: Yudhi Octora

 

DAPENPOS.CO.ID, BANDUNG - PT Pos Indonesia (Persero) menyelenggarakan webinar dengan judul "Business Ethics in Leadership: Navigating Global Challenges" pada hari Jumat, 31 Mei 2024. Acara ini diadakan melalui platform Zoom dan disiarkan secara langsung dari Gedung Wahana Bakti Pos, Ruang Mas Soeharto, yang beralamat di Jl. Banda No.30, Bandung. Webinar berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 11.30 WIB dan menghadirkan narasumber ternama, Prof. Dr. Setyo Riyanto, SE, MM, CPM.

 

Pembukaan acara webinar dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dengan sambutan dari perwakilan manajemen PT Pos Indonesia. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya etika bisnis dalam kepemimpinan, terutama dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. "Di era globalisasi ini, kemampuan untuk memimpin dengan etika yang kuat menjadi sangat krusial. Ini bukan hanya tentang mematuhi peraturan, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat membangun kepercayaan dan reputasi yang baik," ujarnya.

 

Profil Narasumber Prof. Dr. Setyo Riyanto, SE, MM, CPM, adalah seorang pakar di bidang manajemen dan etika bisnis. Beliau memiliki pengalaman yang luas dalam bidang ini dan telah banyak memberikan kontribusi melalui penelitian dan pengajaran di berbagai universitas terkemuka. Dalam webinar ini, beliau berbagi wawasan mengenai bagaimana para pemimpin bisnis dapat menghadapi dan mengatasi tantangan etika di tengah dinamika global yang terus berubah.

 

Materi Webinar Dalam sesi utama, Prof. Dr. Setyo Riyanto memaparkan beberapa poin kunci terkait etika bisnis dalam kepemimpinan:

1.   Definisi dan Pentingnya Etika Bisnis:

Beliau menjelaskan konsep dasar etika bisnis dan mengapa hal ini menjadi aspek yang tak terpisahkan dari kepemimpinan yang efektif. Etika bisnis tidak hanya mengatur perilaku individu dalam organisasi tetapi juga mempengaruhi cara organisasi tersebut dipersepsikan oleh masyarakat luas.

 

2.   Tantangan Etika di Era Global:

Tantangan global yang dihadapi oleh para pemimpin bisnis saat ini sangat kompleks, termasuk isu-isu seperti globalisasi, teknologi, dan keberlanjutan. Prof. Dr. Setyo Riyanto menyoroti beberapa tantangan utama yang berkaitan dengan etika bisnis, seperti korupsi, pelanggaran privasi data, dan praktik bisnis yang tidak adil.

 

3.   Strategi untuk Memimpin dengan Etika:

Beliau memberikan berbagai strategi praktis untuk memimpin dengan etika, termasuk pentingnya transparansi, akuntabilitas, dan komitmen terhadap nilai-nilai moral yang tinggi. Strategi ini membantu para pemimpin untuk tidak hanya mematuhi regulasi tetapi juga menciptakan budaya organisasi yang beretika.

 

4.   Studi Kasus dan Diskusi Interaktif:

Sesi ini melibatkan pembahasan beberapa studi kasus yang relevan, di mana para peserta dapat melihat bagaimana prinsip-prinsip etika diterapkan dalam situasi nyata. Diskusi interaktif ini memungkinkan peserta untuk berbagi pandangan dan pengalaman mereka, memperkaya pemahaman bersama tentang topik yang dibahas.

 

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta, yang terdiri dari karyawan PT Pos Indonesia dan sejumlah undangan dari berbagai sektor, berpartisipasi aktif dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Prof. Dr. Setyo Riyanto menjawab setiap pertanyaan dengan mendalam, memberikan penjelasan yang komprehensif dan aplikatif.

 

Webinar ini diakhiri dengan sambutan penutup dari penyelenggara yang mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Setyo Riyanto dan semua peserta yang telah berpartisipasi. Acara ditutup pada pukul 11.30 WIB dengan harapan bahwa pengetahuan dan wawasan yang didapatkan dari webinar ini dapat diterapkan dalam praktik kepemimpinan sehari-hari.

 

Acara ini menegaskan komitmen PT Pos Indonesia dalam mendukung pengembangan kepemimpinan yang beretika di tengah tantangan global yang semakin kompleks. Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan para pemimpin bisnis dapat terus meningkatkan kemampuan mereka dalam memimpin dengan integritas dan etika yang kuat, sehingga mampu membawa organisasi ke arah yang lebih baik.

Our Address

Jl. Tasikmalaya No. 1 Bandung 40271