dapenpos
D A P E N P O S

Pemanfaatan Internet of Things (IoT) di IJK

Pemanfaatan Internet of Things (IoT) di IJK

Pemanfaatan Internet of Things (IoT) di IJK

Oleh: Yudhi Octora

 

DAPENPOS.CO.ID, BANDUNG – Seorang karyawan berdedikasi dari Dana Pensiun Pos Indonesia bagian IT Support, Sdr. Ari Nurjaman, telah mengambil bagian dalam sebuah pelatihan online yang digelar oleh OJK Institute. Pelatihan ini berlangsung pada hari Kamis, 14 September 2023, dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB melalui platform aplikasi Zoom. Acara ini menjadi salah satu langkah penting dalam upaya perusahaan dan karyawan untuk terus memperbarui pengetahuan mereka terkait dengan inovasi di sektor keuangan, aset keuangan digital, dan aset kripto.

 

Acara ini dibuka dengan kata sambutan yang menginspirasi dari Bapak Hasan Fawzi, Kepala Eksekutif dan Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto OJK. Beliau menyampaikan pentingnya adaptasi teknologi dalam dunia keuangan dan bagaimana inovasi seperti Internet of Things (IoT) dapat membentuk masa depan sektor keuangan.

 

Selama pelatihan, tiga pembicara ahli di bidangnya memberikan wawasan mendalam tentang IoT dan aplikasinya dalam sektor finansial. Pertama, Bapak Teguh Prasetya, Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia, memberikan presentasi yang menginspirasi tentang "IoT untuk Sektor Finansial". Ia membahas bagaimana IoT telah merevolusi cara perusahaan keuangan mengumpulkan dan menganalisis data, meningkatkan pengalaman pelanggan, serta meningkatkan efisiensi operasional.

 

Bapak Toto Prasetio, Director of Technology and Operation PT BNI, Tbk, menjadi pembicara berikutnya dengan materi yang menarik, "Pemanfaatan IoT di Industri Perbankan". Beliau memberikan contoh konkret tentang bagaimana Bank Negara Indonesia telah berhasil menerapkan teknologi IoT dalam operasional perbankannya, termasuk manfaat dan tantangan yang dihadapi.

 

Pembicara terakhir adalah Bapak Hanang Setiohargo, VP Enterprise Product Management Telekomunikasi Seluler, yang membawakan materi "Infrastruktur Pendukung Implementasi IoT". Ia menguraikan pentingnya infrastruktur yang kuat dalam mendukung implementasi IoT yang sukses dan berbagi wawasan tentang tren terkini dalam teknologi telekomunikasi yang mendukung ekosistem IoT.

 

Pembawa acara, Sdri Marializa Hasni, seorang News Anchor TV yang berpengalaman, memandu acara dengan penuh semangat dan menjalin dialog interaktif dengan para pembicara, memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi pandangan.

 

Acara ini memberikan wawasan berharga bagi karyawan Dana Pensiun Pos Indonesia, terutama Sdr. Ari Nurjaman, yang hadir dengan semangat belajar yang tinggi. Ini adalah contoh nyata bagaimana perusahaan dan individu dapat terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan teknologi yang cepat di dunia keuangan.

 

Inovasi IoT: Kunci Masa Depan Sektor Keuangan

Pelatihan online yang dihadiri oleh Sdr. Ari Nurjaman dari Dana Pensiun Pos Indonesia adalah salah satu contoh nyata dari komitmen sektor keuangan dalam mengadopsi inovasi terbaru. Internet of Things (IoT) telah menjadi salah satu teknologi yang paling banyak dibicarakan dan berpotensi mengubah tatanan bisnis secara mendalam.

 

IoT untuk Sektor Finansial

Dalam presentasinya, Bapak Teguh Prasetya, Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia, menggarisbawahi peran IoT dalam meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam sektor keuangan. IoT memungkinkan perusahaan keuangan untuk mengumpulkan dan menganalisis data secara real-time, memberikan pandangan yang lebih baik tentang perilaku pelanggan, risiko kredit, dan operasi bisnis. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.

 

Pemanfaatan IoT di Industri Perbankan

Bapak Toto Prasetio dari Bank Negara Indonesia (BNI) memberikan contoh nyata tentang bagaimana IoT telah diterapkan dalam perbankan. BNI telah menggunakan IoT untuk memantau dan mengelola mesin ATM mereka secara lebih efisien, mengurangi downtime dan meningkatkan layanan kepada nasabah. Ini adalah contoh konkret tentang bagaimana teknologi IoT dapat memberikan manfaat nyata dalam operasional sehari-hari perusahaan.

 

Infrastruktur Pendukung Implementasi IoT

Bapak Hanang Setiohargo membahas pentingnya infrastruktur yang kuat dalam mendukung implementasi IoT yang sukses. Dengan pertumbuhan perangkat yang terhubung secara terus-menerus, infrastruktur telekomunikasi yang andal menjadi kunci. Hal ini memerlukan investasi dalam jaringan yang canggih dan keamanan data yang ketat untuk melindungi informasi yang dikirimkan oleh perangkat IoT.

 

Pelatihan ini menegaskan bahwa sektor keuangan tidak bisa menghindar dari perubahan teknologi. IoT adalah salah satu contoh teknologi yang mampu mengubah cara sektor keuangan beroperasi, dan pelatihan seperti ini memungkinkan karyawan untuk tetap relevan dan siap menghadapi masa depan yang semakin terhubung secara digital. Selamat kepada Sdr. Ari Nurjaman dan Dana Pensiun Pos Indonesia atas komitmen mereka dalam menjalani pendidikan yang relevan dengan perkembangan terkini di industri keuangan.

Our Address

Jl. Tasikmalaya No. 1 Bandung 40271